Ingin Bertanya?

Artikel Rangkuman dari Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

I. PRA

Untuk bisa mengikuti program ini, peserta harus memiliki akun SIMPKB, kunjungi laman portal gtk.belajar.kemdikbud.go.id , gunakan format no_ukg@guruku.id untuk bisa login ke dalam SIMPKB Laman portal gtk.belajar.kemdikbud.go.id juga dapat digunakan untuk melakukan aktivasi ataupun pencarian no UKG, fitur pencarian juga bisa digunakan bila peserta lupa akunnya. Ikuti masing-masing arahan pada pencarian dan aktivasi. Akan ada tautan lupa kata sandi saat peserta mencoba login di SIMPKB bila peserta lupa kata sandinya.

Link berguna terkait akun SIMPKB Peserta:
Bimtek dapat diikuti oleh guru dan kepala sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB; pengawas sekolah dan widyaiswara. Peserta harus memiliki akun pada SIMPKB.

Diklat dapat diikuti oleh guru PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB yang sudah menuntaskan Bimtek dan terdaftar sebagai salah satu anggota PKG/KKG/MGMP pada SIMPKB.
Untuk melakukan pendaftaran pada program ini, peserta cukup klik tombol masuk dan menggunakan akun SIMPKB di laman gurubelajar.kemdikbud.go.id dan memilih jadwal yang tersedia baik untuk bimtek ataupun diklat.
Pendaftaran bimtek dan diklat tiap-tiap angkatan dapat dilakukan paling lambat setelah 2 hari setelah jadwal mulai per angkatan masing-masing bimtek atau diklat. Sedangkan untuk pengimbasan, peserta tidak melalui proses apapun pada sistem Guru Belajar karena dilakukan diluar sistem.

Setelah memilih jadwal bimtek, setiap peserta sudah bisa langsung mengikuti orientasi walaupun jadwal bimtek belum dimulai. Untuk dapat mengetahui masing-masing jadwal diklat, bimtek dan pengimbasan, silakan lihat pada jadwal berikut.
Ada tiga tahapan dalam program Guru Belajar seri Masa Covid-19 ini yaitu:
  1. Bimtek
  2. Diklat
  3. Pengimbasan

II. PROSES

Pada dasarnya, setiap setelah selesai dalam sebuah aktivitas orientasi, bimtek atau diklat diprogram ini, maka peserta diwajibkan untuk klik tombol Tandai Telah Selesai , maka peserta sudah bisa untuk mengikuti aktivitas pada topik berikutnya.

Ada beberapa penyebab sehingga tidak bisa mengikuti bimtek diprogram ini, antara lain:
  • Peserta belum menuntaskan Tahap Orientasi dan belum klik tombol Tandai Telah Selesai
  • Peserta belum memilih jadwal angkatan bimtek yang sudah ditentukan.
  • Bimtek sudah berjalan memasuki hari ke-3 pada rentang waktu jadwal angkatan bimtek yang dipilih. Peserta harus memilih jadwal angkatan bimtek berikutnya.
  • Peserta mengakses sebelum bimtek dimulai.

Ada beberapa penyebab sehingga tidak bisa mengikuti diklat diprogram ini, antara lain:
  • Peserta belum menuntaskan tahap Bimtek dengan nilai paling sedikit 70% dan belum meng-klik Tandai Telah Selesai
  • Peserta bukan guru PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB dan belum terdaftar sebagai salah satu anggota PKG/KKG/MGMP pada SIMPKB.
  • Peserta belum memilih jadwal angkatan diklat yang sudah ditentukan.
  • Diklat sudah berjalan memasuki hari ke-3 pada pada rentang waktu jadwal angkatan diklat yang dipilih. Peserta harus memilih jadwal angkatan diklat berikutnya.
  • Peserta mengakses sebelum diklat dimulai.

Ada beberapa penyebab sehingga tidak bisa mengikuti pengimbasan diprogram ini, antara lain:
  • Peserta belum menuntaskan tahap Diklat dengan nilai paling sedikit 70% dan belum meng-klik Tandai Telah Selesai
  • Peserta bukan guru PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB dan belum terdaftar sebagai salah satu anggota PKG/KKG/MGMP pada SIMPKB.
  • Peserta belum memilih jadwal angkatan diklat yang sudah ditentukan.
  • Diklat sudah berjalan memasuki hari ke-3 pada pada rentang waktu jadwal angkatan diklat yang dipilih. Peserta harus memilih jadwal angkatan diklat berikutnya.
  • Peserta mengakses sebelum diklat dimulai.
Peserta diperbolehkan menyelesaikan bimtek/diklat sebelum waktu bimtek/diklat berakhir. Setelah menyelesaikan bimtek, sesuai syaratnya maka peserta dapat melanjutkan mengikut diklat dengan melakukan pemilihan jadwal diklat.

Peserta yang tidak tuntas dalam mengerjakan bimtek/diklat sampai dengan batas waktu bimtek/diklat yang telah ditentukan maka:
  • Peserta dianggap tidak tuntas melakukan pembelajaran.
  • Peserta dapat memilih kembali jadwal pembelajaran (Bimtek ataupun Diklat).
  • Peserta tidak perlu mengikuti orientasi ulang.
Pada program ini, ada beberapa jenis-jenis asesmen dengan nilai minimal 70%, yaitu:
  • Pada tahap Bimtek:
    Pada program Bimtek terdapat asesmen pra program, asesmen formatif (kuis) dalam setiap topik, dan asesmen pasca program.
  • Pada Tahap Diklat:
    Pada program diklat terdapat asesmen penugasan dengan mengunggah penulisan praktik baik, dan refleksi diri.

Bila peserta tidak melewati angka minimal sebesar 70% diatas, maka peserta diperbolehkan mengulang kembali asesmennya kecuali pada asesmen pra program. Pada saat mengerjakan asesmen, diharapkan peserta memastikan koneksi internet pada kondisi baik, karena diharuskan mengulang kembali jika terjadi gagal koneksi yang menyebabkan peserta keluar dari sistem.
Materi-materi yang ada saat peserta mengikuti bimtek ataupun diklat hanya bisa diikuti dan dapat terus diulang-ulang secara online pada laman program ini, tautan video materi mungkin bisa didapatkan oleh peserta dan melihat langsung pada tautan tersebut, tetapi oleh sistem tidak diakui sebagai penyelesaian sebuah aktivitas pada bimtek/diklat
Pada aktivitas Praktik Baik, Peserta diberikan kesempatan untuk mengunggah ulang asesmen penugasan berupa tulisan praktik baik pembelajaran jarak jauh yang telah dilakukan.
Dalam mengikuti program ini, peserta diharapkan telah mempersiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan seperti laptop, tab atau handphone, serta koneksi internet yang cukup stabil. Bila terjadi koneksi putus pada saat mengerjakan aktivitas dalam program ini, peserta akan mengulang kembali dari awal pada tiap-tiap aktivitas yang sedang dilakukan disaat koneksi terputus.

Bila terjadi kendala, maka peserta bisa mengirimkan email ke gurubelajar@kemdikbud.go.id atau dapat mengisi form yang telah tersedia setelah login.

III. PASCA

Pengimbasan yang diharapkan pada program ini adalah para peserta dapat menyebarluaskan terkait informasi program kepada guru-guru baik di komunitasnya (KKG/MGMP/MKKS/PKG) ataupun guru-guru dilingkungan sekolahnya. Peserta bisa saja menyebarluaskan di media sosial yang diikuti oleh para peserta.

Piagam Pengimbasan akan diberikan kepada komunitas dimana peserta program ini menjadi anggota komunitas tersebut. Jika Piagam Pengimbasan telah tersedia, peserta dapat mengunduh pada laman gurubelajar.kemdikbud.go.id (setelah login)
Setelah dinyatakan tuntas bimtek atau diklat oleh sistem ini, para peserta akan diberikan Sertifikat. Untuk mendapatkannya peserta dapat unduh setelah sebelumnya melakukan login.